MEQAPLUS

Penjaminan Mutu Pendidikan

Panduan Akreditasi Sekolah 2024 Madrasah SD SMP SMA
Regulations Review

Panduan Akreditasi Tahun 2024 Sekolah dan Madrasah

Loading

Regulasi Pendidikan. Panduan Akreditasi Sekolah dan Madrasah Tahun 2024 untuk SD/MI, SMP/ MTs, dan SMA/MA.

Pada kata pengantar, ketua BAN PDM, Totok Suprayitno mengatakan Pelaksanaan akreditasi adalah mandat kami di Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah.

Selanjutnya, beliau menegaskan bahwa Lembaga ini merupakan badan mandiri dan profesional yang bertugas untuk memfasilitasi kebijakan akreditasi bagi seluruh penyelenggara layanan, baik untuk layanan Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah yang berada di bawah naungan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi maupun Kementerian Agama.

Kemudian menjelaskan Akreditasi sekolah atau madrasah merupakan upaya negara untuk memeriksa apakah penyelenggara layanan pendidikan konsisten dalam menjalankan misinya. Misi utama dari penyelenggara layanan pendidikan adalah sebagai penyedia layanan belajar bagi anak bangsa. Mulai dari anak usia dini hingga individu pada usia dewasa.

Layanan belajar yang mampu menumbuhkembangkan potensi mereka sehingga kelak mampu menavigasi kehidupannya dengan sebaik baiknya.

Lebih dari itu, melalui budaya baik yang di kembangkan di lingkungan belajar (school culture), anak bangsa kita juga dapat terbiasakan belajar merasakan, memahami, dan menjalani perilaku baik yang harus tumbuh subur dalam dirinya.

Harapan p Totok Suprayitno Mari maknai akreditasi sebagai pemantik untuk merefleksikan bagaimana kita semua yang terlibat di dalam ekosistem pendidikan dapat menjalankan amanah dengan lebih baik.

Amanah besar ini memerlukan kemitraan dan kejujuran. Karenanya, hindarilah ketidakjujuran dalam menceritakan kinerja karena akan menyesatkan kita semua dalam menjalani proses refleksi tersebut.

Sistematika Penulisan Panduan Akreditasi

Panduan Akreditasi Pendidikan Dasar dan Menengah ini mencakup

  • Pendahuluan
  • Kinerja yang Diukur di dalam Akreditasi
  • Proses yang Dilalui Saat Akreditasi
  • Kesempatan dalam Menjelaskan Kinerja
  • Tindak Lanjut

3 alasan kenapa perlu adanya akreditasi satuan pendidikan di panduan akreditasi sekolah 2024 SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/MA.

  1. Perlindungan terhadap hak anak bangsa.
  2. Penjaminan Mutu.
  3. Kesempatan mendapatkan umpan balik.

Ada tiga prinsip yang kami gunakan dalam menyusun mekanisme akreditasi sekolah di panduan akreditasi 2024 SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/MA.

  1. Bermakna. Prinsip ini mendasari penyusunan keempat komponen yang ada dalam instrumen penilaian akreditasi, yaitu: i) Kinerja Pendidik dalam Proses Pembelajaran; ii) Kepemimpinan Kepala Satuan Pendidikan dalam Pengelolaan; iii) Iklim Lingkungan Belajar; dan iv) Hasil Belajar.
  2. Inklusif. Instrumen akreditasi untuk ragam jenis dan jenjang tersusun dengan merujuk pada satu konstruk yang sama sehingga dapat di temukan benang merah antar instrumen, serta tidak ada jenjang, jenis, atau kondisi lingkungan belajar yang merasa tidak terwakili dalam instrumen akreditasi ini.
  3. Prinsip kontekstual merujuk pada proses akreditasi yang merekognisi keragaman cara/strategi yang penyelenggara layanan pendidikan lakukan, sesuai konteks sosio-kultural dan kebutuhan belajar peserta didik, serta sumber daya penyelenggara layanan yang berbeda-beda.

Panduan Akreditasi Sekolah dan Madrasah 2024 SD/MI, SMP/ MTs, dan SMA/MA

Naskah panduan akreditasi sekolah dan madrasah tahun 2024 tersedia di bawah ini

Download

Regulasi Pendidikan